rppII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP II

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Kartasura

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII / 1

Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Waktu : 1 × pertemuan ( 1 × 30 menit)

Indikator : Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat

2. Siswa dapat memahami penggunaan tanda kurung dalam operasi hitung campuran

3. Siswa dapat memahami prioritas-prioritas operasi hitung dalam operasi hitung campuran

B. Materi Pembelajaran :

Oprasi Hitung Campuran

Operasi hitung campuran, yaitu perhitungan yang menggunakan lebih dari satu operasi hitung. Dalam operasi hitung sering kali digunakan tanda kurung, tanda kurung dalam operasi hitung dipergunakan apabila kita hendak menyimpang dari urutan yang biasa.

Contoh :

a. (2 + 3) × 3 = 5 × 3

= 15

b. 16 : (6 – 2) = 16 : 4

= 4

c. (9 – 3) + 2 = 6 + 2

= 8

Tanda kurung menunjukkan urutan pengerjaan yang harus dilakukan lebih dahulu. Dalam operasi hitung sering kali terdapat prioritas-prioritas operasi :

1. Perpangkatan atau akar

2. Perkalian atau pembagian (sama kuat, yang ditulis disebelah kiri didahulukan)

3. Penjumlahan atau pengurangan (sama kuat, yang ditulis disebelah kiri didahulukan)

Contoh :

a. 16 – 6 + 3 , artinya (16 – 6) + 3 = 10 + 3 = 13

b. 5 + 3 × 5 , artinya 5 + (3 × 5) = 5 + 15 = 20

c. 20 : 42 , artinya (20 : 4) – 2 = 5 – 2 = 3

d. 6 : 2 + 2 × 3 , artinya (6 : 2) + (2 × 3) = 3 + 6 = 9

e. 12 × 2 : 3 , artinya (12 × 2) : 3 = 24 : 3 = 8

C. Metode Pembelajaran :

Ceramah dan Tanya Jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

No

Fase

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

1.

Kegiatan awal

Pendahuluan :

· Salam

· Apersepsi : siswa mengingat kembali operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian beserta sifat-sifatnya

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

5 menit

2.

Kegiatan Inti

· Dengan metode ceramah, guru menerangkan materi operasi hitung campuran,yaitu penggunaan tanda kurung dan operasi hitung yang diprioritaskan

· Guru memberikan contoh soal dan dibahas bersama-sama dengan siswa

· Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan guru

· Salah satu siswa mengerjakan soal di depan kelas, kemudian dibahas bersama-sama

20 menit

3.

Kegiatan Akhir

Penutup:

· Siswa diarahkan membuat rangkuman

· Memberikan PR kepada siswa

· Salam

5 menit

E. Sumber Belajar/ Media :

1. Buku paket SMP kelas VII

(Tampomas, Husein. 2005. Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VII. Yudhistira)

2. Papan tulis dan Alat tulis

F. Penilaian

· Aspek yang dinilai : Kognitif

· Jenis Tagihan : Soal

· Bentuk Soal : Uraian

· Soal :

a. 4 × {6 + (2 × 2)}

Skor 20

b. 200 : 10 × 540 + 10

Skor 30

· Kunci Jawaban :

a. 4 × {6 + (2 × 2)} = 4 × {6 + 4} . . . skor 1

=4x10…skor 1

= 40 . . .skor 2

b. 200 : 10 × 540 + 16 = (200 : 10) × 540 +10 . . . skor 1

= 20× 540 + 10 . . . skor 1

= (20 × 5) – 40 + 10 . . . skor 1

= 10040 + 10 . . . skor 1

= (100 – 40) + 10 . . . skor 1

= 70 . . . skor 1

· Penilaian = Jumlah skor

= 4 + 6

= 10

About telynacuite

aku nggak cantik,tapi kata temen-temen aku manis...
This entry was posted in rpp and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s