RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP I

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Kartasura

Mata Pelajaran : MATEMATIKA

Kelas/Semester : VII/1

Standar Kompetens : Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Indikator : Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran

Waktu : 1 x 30 menit

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menyelesaikan operasi pembagian pada bilangan bulat

2. Siswa dapat mengenal sifat operasi pembagian pada bilangan bulat

3. menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pembagian

B. Materi Pembelajaran :

Pembagian bilangan bulat

Pembagian bilangan bulat merupakan operasi kebalikan dari perkalian. Setiap bilangan bulat positif

1) a : b = + (a : b) contoh 4 : 2 = 2

2) a : (-b) = – (a: b) contoh 4 : (-2) = -2

3) (-a) : b= – (a : b) contoh (-4) : 2 = -2

4) (-a) : (-b) = +(a: b) contoh (-4) : (-2)= 2

Sifat pembagian pada bilangan bulat antara lain :

1. Tidak tertutup

Pembagian bilangan bulat tidak bersifat tertutup karena jika a dan b adalah bilangan bulat hasilnya tidak selalu bilangan bulat

Contoh :

1) 6 : 3 = 2 , 2 anggota bilangan bulat

2) 3 : 6 = 3 / 6 = 1/2 , 1/2 bukan anggota bilangan bulat

2. Tidak bersitat komutatif

Pembagian bilangan bulat dikatakan tidak bersifat komutatif karena berlaku

a: b # b: a

Contoh :

8 : 4 # 4 : 8

3. Tidak bersifat asosiatif

Pembagian bilangan bulat dikatakan tidak bersifat asosiatif untuk sembarang bilangan bulat a, b, dan c karena berlaku (a:b):c # a: (b:c)

Contoh : misal a = 12 b = 6 c = 3

1) (12: 6) : 3 = 2: 3 = 2/3

2) 12 : (6: 3)= 12 : 2 = 6

Dari 1 dan 2 berlaku (a:b):c # a: (b:c)

C. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas

D. Kegiatan Pembelajaran :

No

Fase

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

1.

Kegiatan awal

Pendahuluan :

· Membahas PR yang dianggap sulit atau menanyakan apakah dalam mempelajari materi sebelumnya ada kesulitan

· Memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini dan manfaatnya untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit

2.

Kegiatan Inti

· Dengan metode ceramah, guru menerangkan materi pembagian bilangan bulat

· Guru memberikan contoh soal

· Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru,kemudian dibahas bersama-sama

20 menit

3.

Kegiatan Akhir

Penutup:

· Siswa diarahkan membuat rangkuman

· Memberikan tugas individu kepada siswa mengenai pembagian bilangan bulat

10 menit

E. Media Pembelajaran:

Sumber : Buku matematika SMP/MTs kelas VII dan LKS

Alat : Papan tulis dan spidol

F. Penilaian :

1. Aspek yang dinilai : Kognitif

2. Jenis Tagihan : Soal

3. Bentuk Soal : Uraian

  • Soal

1. Hitunglah pembagian berikut ini!

a. 12 : (-3)

b. -60 : (-15)

2. Hitunglah hasil pembagian dari {-30 : (-2)}: 15

3. Ibu membeli 5 kg jeruk dengan harga Rp 45.000.00 dan membeli 12 kg buah anggur dengan harga Rp 126.000.00 Berapa harga 1 kg jeruk dan 1 kg anggur itu?

  • Penyelesaian

1. a) 12 : (-3) = -(12 : 3) = -4

sebab -3 x (-4) = 12 …skor 2

b) -60 : (-15) = 60 : 15 = 4

sebab -15 x 4 = -60 …skor 2

2. {-30 : (-2) }: 15 = 15: 15 = 1 …skor 3

3. Untuk jeruk

Rp 45.000,00 : 5 = Rp 9.000,00 …skor 3

Jadi harga 1 kg jeruk adalah Rp 9.000,00 …skor 1

Untuk anggur

Rp 126.000,00 : 12 = Rp 10.500,00 …skor 3

Jadi harga 1 kg anggur Rp 10.500,00 …skor 1

  • Penskoran

1. 4

2. 3

3. 8

  • Penilaian

Nilai = ( 2 x jumlah skor) : 3

Kartasura, 4 Agustus 2010

Mengetahui,

Guru Pamong Praktikan

Yulia Kadar Riana Dewi Herlina Kumala Sari

NIP. 19600708 1981122003 NIM A410070045

About telynacuite

aku nggak cantik,tapi kata temen-temen aku manis...
This entry was posted in rpp and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s