my_proposal

PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

 (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2010/2011) 

 

 

Usulan Penelitian untuk Skripsi S-1

Pendidikan Matematika

 

 

 

Disusun Oleh:

HERLINA KUMALA SARI

A 410 070 045

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

2010

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.    Latar Belakang

Pendidikan pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap manusia karena dengan pendidikan manusia dapat berdaya guna dan mandiri. Jalur pendidikan merupakan salah satu upaya untuk membangun manusia yang berkualitas. Oleh karena itu pendidikan harus mendapatkan perhatian baik oleh pemerintah dan masyarakat pada umumnya, serta para pengelola pendidikan pada khususnya.

Dalam pengertian yang sederhana dan umum,  pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran, latihan, proses, dan perbuatan cara mendidik. Dari sinilah dapat diartikan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang bertujuan membudayakan manusia atau memanusiakan manusia.

Pendidikan dalam era modern semakin tergantung dengan  tingkat kualitas, dan antisipasi dari para guru untuk menggunakan berbagai sumber yang tersedia yaitu mengatasi permasalahan siswa untuk mempersiapkan pembelajaran yang dapat menumbuhkan cara berfikir siswa untuk menjadi lebih kritis dan kreatif.

Matematika merupakan salah satu dari bidang studi yang menduduki peranan paling penting dalam dunia pendidikan. Akan tetapi banyak siswa yang merasa kurang mampu dalam mempelajari matematika karena dianggap sulit, menakutkan, bahkan ada sebagian dari mereka yang membenci sehingga matematika dianggap sebagai momok oleh mereka. Hal ini menyebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Kurangnya partisipasi akan sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karena itu kreatifitas seorang guru dalam mengajar matematika menjadi faktor penting agar matematika menjadi mata pelajaran yang menyenangkan dan menarik dalam kelas sehingga para siswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa tidaklah gampang. Partisipasi belajar yang kurang terhadap pelajaran matematika tersebut belum tentu sumber kesalahannya terletak pada diri siswa. Kemampuan guru dalam menyampaikan materi ajar yang kurang memadai dapat menyebabkan kelas menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan, suara guru yang terlalu atau kurang keras, sikap guru yang kurang tegas, pendekatan atau model pembelajaran yang kurang tepat saat mengajar dapat membawa suasana kurang menarik perhatian siswa dalam belajar.

Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan pokok bahasan sangat penting. Model pembelajaran dikatakan relevan jika mampu mengantarkan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang relevan tersebut adalah Missouri MathematicProject (MMP).

Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana meningkatkan partisipasi belajar matematika melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang peneliti tuangkan dalam suatu penelitian “Peningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project  (MMP).

  1. B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka permasalahan penelitian ini dapat didefinisikan sebagai berikut:

  1. Ada kemungkinan model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat dalam menyampaikan materi.
  2. Partisispasi belajar siswa merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika.

 

  1. C.    Pembatasan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas, maka pembatasan masalah yang dapat dikemukakan adalah:

  1. Model pembelajaran yang digunakan adalah Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar.
  2. Peningkatan partisipasi dan prestasi belajar matematika dibatasi pada pokok bahasan lingkaran.

 

  1. D.    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan umum yang dicari jawabannya melalui penelitian ini adalah:

  1. Apakah penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan partisipasi belajar matematika siswa?
  2. Apakah penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa?

 

  1. E.     Tujuan Penelitian

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Secara khusus, penelitian ini ditujukan untuk :

  1. Mengetahui peningkatan partisipasi siswa dalam belajar matematika melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).
  2.  Mengetahui peningkatan prestasi siswa dalam belajar matematika melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).

 

  1. F.     Manfaat Penelitian

Berdasarkan tujuan penelitian yang hendak dicapai, maka penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat atau kegunaan dalam pendidikan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat Teoritis

Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan kepada pembelajaran matematika , terutama terhadap peningkatan partisipasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa.

Secara khusus, penelitian ini memberikan konstribusi pada model pembelajaran matematika yang berupa pergeseran dari pembelajaran yang hanya bersifat monoton menuju pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

  1. Manfaat Praktis
    1. Bagi guru matematika, model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dapat digunakan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
    2. Bagi siswa, proses pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dalam belajar matematika, mengoptimalkan kemampuan berfikir positif dalam mengembangkan diri ditengah-tengah lingkungan dalam meraih keberhasilan belajar.
    3. Bagi sekolah, penelitian ini memberikan sumbangan dalam rangka perbaikan model pembelajaran matematika.
    4. Bagi peneliti, sebagai bahan pertimbangan, masukan atau referensi untuk penelitian lebih lanjut.

 

 

About telynacuite

aku nggak cantik,tapi kata temen-temen aku manis...
This entry was posted in proposal and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s