strategi pembelajaran
Strategi secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu garis besar haluan bertindak untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan Sedangkan pembelajaran secara umum difahami sebagai kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan belajar mengajar merupakan interaksi antara siswa dengan komponen-komponen lainnya, dan guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran agar lebih aktif dan efektif secara optimal. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah menguasai teknik-teknik penyajian, atau metode mengajar. Teknik penyajian pelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara mengajar yang dipergunakan oleh guru kepada siswa di dalam kelas agar pelajaran itu dapat dipahami dan digunakan siswa dengan baik.
Strategi pembelajaran adalah upaya menciptakan kondisi dengan sengaja agar tujuan pembelajaran dapat dipermudah (facilitated) pencapaiannya. Di sini, strategi mencerminkan keharusan untuk mempermudah tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran merupaka cara pandang dan pola pikir guru dalam mengajar. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dlam mengembangkan strategi pembelajaran antara lain : bagaimana mengaktifkan siswa, bagaimana siswa membangun peta konsep, bagaimana mengumpulkan informasi dengan stimulus pertanyaan efektif, bagaimana membandingkan dan mensintesiskan informasi, bagaimana cara menganalisis peta akibat atau roda masa depan, serta bagaimana melakukan karja praktik,